kali ini masih seputar hardware hacking ya. Saya akan membahas tentang sebuah device yang mampu melakukan serangan berupa DEAUTHENTICATION pada perangkat wireless. Apa cuma deauth saja? Oh tidak dong. Yok kita simak!


Oke pertama mari kita berkenalan dengan ESP8266.
ESP8266 adalah sebuah modul IoT WiFi yang belakangan ini makin diminati oleh para hardware developer. Selain karena harganya yang sangat terjangkau, modul WiFi serbaguna ini sudah bersifat SoC (System on Chip), sehingga kita bisa melakukan programming langsung ke ESP8266 tanpa memerlukan mikrokontroller tambahan. Modul WiFi ini support 802.11b/g/n dan berjalan pada frekuensi 2,4GHz. Jadi, saya rasa semua penjelasan berikut sudah cukup jelas untuk menjadi sebuah alasan kenapa saya menggunakan device ini.




Kita bisa menyerang jaringan wireless yang juga berjalan pada freq 2,4GHz misalnya saja Hotspot Sekolah/Kampus, WiFi Corner, Warung Kopi/Kafe WiFi. Nah perangkat apa saja yang akan diserang? Tentunya adalah client dari access point korban sendiri, misal : Laptop, Handphone/Smartphone, Repeater, Camera WiFi (Seperti Actioncam dsb), bahkan FPV Drone yang memakai freq serupa!




Jadi apa saja yang diperlukan untuk membuatnya?

1. ESP8266.
Saya memakai NodeMCU ESP8266 Amica dengan chip CP2102, kalian bisa membeli nya di onlineshop seperti Bukalapak/Tokopedia.
https://www.tokopedia.com/hobielektronika/nodemcu-lua-esp8266-wifi-cp2102-iot-arduino

2. Driver.
Pilih salah satu yang sesuai dengan chip yang dipakai oleh ESP8266 nya.
CP2102 : http://www.silabs.com/products/mcu/Pages/USBtoUARTBridgeVCPDrivers.aspx
CH340 : http://sparks.gogo.co.nz/ch340.html
PL2303 : https://drive.google.com/open?id=0B7t_g4hdtuILdVBHcW9UMW5GNHM

3. Arduino IDE.
https://www.arduino.cc/en/Main/Software

4. Script esp8266_Deauther.
https://github.com/spacehuhn/esp8266_deauther


Bagaimana cara menggunakanya?
Setelah instalasi sukses, maka yang kita butuhkan hanyalah menyalakan ESP8266 ini dengan cara memberinya arus listrik bisa dengan kabel data yang kemudian terhubung dilaptop, atau powerbank, atau bahkan bisa juga smartphone kalian yang tentunya kalian perlu USB OTG. Kemudian kita bisa connect ke ESP8266 via WiFi yang dibroadcast oleh nya, lalu mengendalikannya lewat browser. Bisa via komputer/laptop dan juga bisa via smartphone.

Cara Instalasi :
Caranya mudah sekali, saya sudah membuat video dokumentasi nya dan kalian bisa mengikutinya. Silahkan langsung saja ditonton.



Bagaimana cara mengatasi serangan deauth?
Sejauh ini sebenernya sih udah ada teknologi yang namanya 802.11w dimana frame yang bertebaran diudara sudah terenkripsi sehingga yah setidaknya masih aman lah dari serangan deauth, paling tidak untuk saat ini (26/02/2017).

UPDATE!!!
Ternyata script dari GitHub sudah diupdate oleh author nya. Tapi tenang, saya masih simpan script yang lama. Silahkan comot.
esp8266_deauther-master.rar [Password : 1121]

Dan ya, sedikit informasi yaitu bahwa ESP8266 ini kurang ampuh jika disuruh untuk mengacaukan signal wifi milik @wifi.id, mungkin karena banyak nya user yang memakai dan banyaknya AP repeater milik @wifi.id hingga melebihi batas kemampuan sikecil esp8266 ini. Namun, yah orang-orang yang berada didekat kalian dengan radius sekitar 1 meter - 6 meter tetap bisa kacau signal wifi nya.

Demikan post ini saya buat hanya sebagai pembelajaran semata. Segala bentuk hal illegal yang dilakukan oleh kalian bukan merupakan tanggung jawab saya.

Oke sekian post saya kali ini, semoga bermanfaat!

8 comments:

  1. thanks atas ilmunya, minta izin praktik y. mohon keberkahannya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalo saya terima siap pakai dar Agan, berapa biayanya, WA saya 081335577784, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete

 
Cyber Code © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top