USB Rubber Ducky? Sudah banyak yang tahu bahwa harganya tergolong selangit untuk barang seukuran mini. Bikin aja sendiri dengan harga lebih murah! Berikut cara mudahnya untuk build sebuah USB Rubber Ducky versi murah. Yuk disimak!


Seringkali kita ingin mencoba banyak hal, hanya sekedar memenuhi rasa ingin tahu namun terhalang dengan keterbatasan dana. Saat melihat tutorial yang ada di Internet tentang BadUSB sebelumnya saya merasa kurang puas jika belum menjajal sendiri. Dan ya, saya memiliki kesimpulan bahwa device semacam Rubber Ducky yang dipakai untuk BadUSB adalah semacam HID (Human Interface Device), dan setelah ngulik sana - sini saya akhirnya memutuskan untuk mencoba membuat Rubber Ducky sendiri menggunakan "Arduino Pro Micro Leonardo ATmega32U4", jadi mari kita persiapkan bahannya ya yaitu si Arduino itu sendiri, kalian bisa membelinya di toko - toko elektronika/robotic didaerah terdekat kalian. Jika gak ada maka bisa cari di online shop seperti Tokopedia & Bukalapak dengan harga yang lebih terjangkau. Jika USB Rubber Ducky perbiji nya dibandrol dengan harga sekitar $45 di sini : https://hakshop.com/products/usb-rubber-ducky-deluxe/, namun jika kalian membeli Arduino Pro Micro harganya hanya sekitar $3 atau jika dirupiahkan sekitar Rp40rb'an di toko offline ya. Toko online sih gak sampe Rp70rb. Kalau udah punya barangnya langsung kita lanjut!




Cara Membuat USB Rubber Ducky dengan Arduino Pro Micro :

1. Download Arduino IDE. Di website official nya : http://www.arduino.cc/ lalu install di komputer kalian.

2. Siapkan payload nya. Disini untuk sekedar percobaan pertama saya cuman pakai Payload Hello World dari GitHub Hak5. Kalian bisa lihat di https://github.com/hak5darren/USB-Rubber-Ducky/wiki/Payloads/

3. Payload yang ada di github itu belum berupa script yang sudah jadi, atau masih mentah. Jadi kita perlu mengkonversi nya menjadi script/sketch yang bisa dipakai oleh Arduino IDE. Kalian bisa pakai tools converter di Seytonic, yaitu : http://seytonic.com/ducky/

4. Setelah di konversi menjadi script/sketch, buka Arduino IDE yang sudah di install. Kemudian langsung copy saja script/sketch tadi dan paste di Arduino IDE.

5. Colokan Arduino Pro Micro milik kalian ke komputer. Pastikan sudah terkoneksi, dengan klik tab Tools > Port. Lihat apakah sudah ada yang centang/terkoneksi. Lalu type board dengan klik tab Tools > Board: > pilih saja Arduino Leonardo.

6. Write script/sketch ke device Arduino kita. Caranya dengan klik tombol Upload. Dan pastikan kursor/pointer kalian berada dibaris script paling bawah. Kenapa? Karena saat proses compile dan upload script selesai maka si arduino akan otomatis menjalankannya, taruh kursor/pointer dibawah supaya gak bikin kacau/semrawut script kalian. Gitu bosss.

7. Cabut Arduino. Ducky Arduino siap dipakai sebagai BadUSB!


Sebenernya ada 4 pilihan yang bisa kalian pakai untuk HID sebebagai BadUSB ini selain USB Rubber Ducky :

a. Digispark Attiny85
Ini pilihan terbaik buat kalian yang pingin harga paling murah. Harganya cuman Rp20rb'an. Kelebihan : Harga murah, ukuran sangat mini dan lowprofile, sudah ada colokan male USB nya. Kekurangan : File Library berbeda dari kebanyakan library yang dipakai oleh perangkat HID lain, tidak bisa dikembangkan untuk dipasang slot SDCard, meski sudah ada colokan male USB namun terkesan rapuh dan jika nyolokinnya gak benar - benar pas maka device tidak dikenali oleh OS.

b. Arduino Pro Micro Leonardo ATmega32U4
Saya memilih memakai ini karena harganya juga lumayan terjangkau. Kelebihan : Harga murah, sangat mudah untuk diprogram ulang dengan library keybord (HID) yang fleksibel dan sangat umum, bisa dikembangkan sendiri untuk ditambahkan modul slot SDCard. Kekurangan : Belum ada colokan male USB jadi kudu beli kabel data sendiri.

c. Arduino Teensy
Harganya kalo menurut saya termasuk lumayan mahal. Tapi yang satu ini adalah yang paling mendekati USB Rubber Ducky otentik. Kelebihan : Udah ada colokan male USB, udah include slot SDCard, library nya juga banyak dan sudah umum. Kekurangan : Harganya lumayan mahal.

d. Pendrive dengan Chipset Phison
Nah ini dia juga mendekati USB Rubber Ducky. Kelebihan : Wujud fisik nya udah kayak flashdrive/flashdisk, gak tau mudah diprogram apa ngga soalnya belom pernah coba. Kelemahan : Harganya mahal nih.


Silahkan liat sendiri video nya, sudah saya bikinin tutorial versi video juga.







2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kalau mau ngedit kan harus di colok ke laptop gan. Itu ke eksekusi ga?

    ReplyDelete

 
Cyber Code © 2014. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top